Daihatsu Xenia Terbaru Raih Tiga Bintang Uji Keselamatan ASEAN NCAP

Lembaga pemeringkat keselamatan produk otomotif, ASEAN NCAP kembali melaporkan hasil pengujian terbaru. Produk terakhir adalah Daihatsu Xenia yang mendapatkan rating keselamatan total 64,50 poin dan berhak mendapatkan rating tiga bintang.

Cukup wajar karena varian yang diuji kali ini adalah tipe 1.3 M dengan transmisi manual serta tahun produksi 2023. Varian ini di Indonesia menjadi Xenia paling murah dengan tawaran harga Rp220,15 juta.

Kembali soal uji keselamatan ini. Xenia menjadi model kelima dari Daihatsu yang diuji ASEAN NCAP. Xenia juga menjadi model pertama Daihatsu yang diuji menggunakan protokol pengujian 2021-2025.

Nilai di atas merupakan gabungan dari penilaian beberapa kategori pengujian. Misal kategori Adult Occupant Protection berhasil mendapatkan 32,63 poin. Kategori Child Occipant Protection mendapatkan nilai 14,37 poin, Safety Assist dengan 10 poin dan motorcyclist safety dengan 7,50 poin.

Daihatsu sendiri menanamkan standar keselamatan seperti dua airbag, pengereman Anti-lock braking system (ABS), seatbelt reminder system untuk pengemudi dan Pedestrian protection di semua variannya.Pilihan teknologi keselamatan lebih canggih hadir sebagai opsional seperti autonomous emergency braking, lane keep assist, forward collision warning, lane departure warning, blind spot detection, dan electronic stability control (ESC). Fitur terakhir ini tersedia di varian 1.3L CVT dan seluruh varian 1.5L.

Menurut ASEAN NCAP, meski Xenia berhasil menunjukkan hasil positif dalam hal perlindungan benturan. Namun dari sisi peralatan keselamatan aktif masih perlu ditingkatkan. Hal ini memang bisa didapat dari varian yang lebih tinggi yang menawarkan teknologi yang lebih canggih.

Sumber: https://www.oto.com/berita-mobil/daihatsu-xenia-terbaru-raih-tiga-bintang-uji-keselamatan-asean-ncap